Berikut sekilas ulasan tentang Forum Usaha Mikro Kabupaten Tangerang atau dikenal dengan sebutan FORSAMIK. Forum usaha mikro lahir berdasarkan amanat perda no.4 tahun 2016 tentang pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro.  Ditetapkan dengan keputusan Bupati Tangerang Nomor :518/Kep.556-Huk/2018 pada tanggal 18 oktober 2018.

Forum usaha mikro dibentuk sebagai wadah pelaku usaha mikro yang pembentukannya difasilitasi perangkat daerah yang membidangi urusan pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro dalam hal ini Dinas Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Tangerang.

Dinas Koperasi usaha mikro kabupaten tangerang

Salah satu fungsi dibentuknya forum ini adalah mensosialisasikan program dan fasilitasi pemerintah daerah terutama yang berkaitan kebutuhan pelaku usaha mikro seperti : Fasilitasi pembiayaan melalui Unit pengelola dana bergulir (UPDB), Fasilitasi sertifikasi usaha seperti HAKI, Halal, SPP-PIRT, dan BPOM.

Sosialisasi HAKI hak merek

Pelaku usaha mikro yang sudah bergabung juga berkesempatan mengikuti pelatihan pelatihan baik tentang SDM, pemasaran dan peningkatan kualitas produk yang difasilitasi pemerintah kabupaten pemerintah provinsi, kementrian koperasi dan kegiatan mandiri yang diadakan langsung oleh forsamik. . Yaitu pelatihan pelatihan yang dianggap perlu untuk pengembangan usaha anggota yang tidak terfasilitasi oleh pemerintah daerah, forum akan menyelenggarakannya secara mandiri.

Dalam hal membantu pemasaran anggota FORSAMIK membentuk tim marketing center yang bekerja dibawah koordinasi divisi pemasaran. Sebagaimana yang telah dilakukan divisi pemasaran ini bekerja membantu meningkatkan penjualan anggota dengan cara Ofline dan online. Secara ofline bagaimana agar hasil produk anggota bisa masuk ke sekolah sekolah, destinasi wisata, pesantren dan pabrik pabrik yang ada dikabupaten tangerang. Saat ini juga divisi pemasaran sedang mencoba membangun kerjasama dengan pengelola bandara yaitu pihak angkasa pura agar hasil produk anggota forsamik bisa masuk kesana.

Sedangkan untuk membantu pemasaran secara online divisi pemasaran akan dibantu tim marketing center yang fokus pada pemanfaatan internet sebagai sarana pemasarannya. Yaitu optimasi sosial media dan digital marketing.

Di usianya yang masih belia, forsamik selain fokus untuk peningkatan pengetahuan anggota dengan mengirimkan anggota ke berbagai pelatihan, juga sedang berupaya maksimal mensosialisasikan program program yang dilakukan ke seluruh kecamatan. Sosialisasi ini dalam upaya mengajak para pelaku usaha mikro untuk bergabung dan memanfaatkan program fasilitasi pemerintah daerah. Untuk tercapainya tujuan tersebut forsamik membentuk pengurus di setiap kecamatan.

Kopdar Forsamik Kecamatan Kronjo

Untuk mencapai tujuannya sesuai aspirasi dan kebutuhan anggota forum usaha mikro membangun kordinasi dalam upaya membangun sinergi dengan instansi, lembaga/badan usaha, dan/atau perangkat daerah terkait lainnya.

Baca juga : Model Batu Nisan Kuburan Islam di Tangerang 081286354441

Tentang Forum Usaha Mikro Kabupaten Tangerang

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Call Now Button